Kinerja Penelitian

Penelitian merupakan salah satu tugas dalam Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen. Halaman ini menampilkan berbagai penelitian yang telah dilaksanakan oleh dosen di Universitas Komputer Indonesia.


2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2016 2015 2014 2013 2012 2011 2010 2009 2008 2007 2006 2005 2004 2003 2002 2001 2000

Data Penelitian - Tahun 2024

Menampilkan 9 dari 9 data

Klik pada judul penelitian untuk melihat detail data penelitian

KAJIAN TERHADAP EFEKTIFITAS APLIKASI KEUANGAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL YANG BERDAMPAK PADA OPTIMALISASI PENJUALAN ONLINE PRODUK UMKM BANDUNG
Peneliti

Assoc. Prof. Dr. Lilis Puspitawati, S.E., M.Si.,Ak.,CA

Program Studi

AKUNTANSI - S1

Deskripsi/Abstrak
Optimalisasi penjualan adalah hal penting dalam menjamin keberlangsungan usaha. Kualitatif study ini dilakukan untuk menemukan bukti empiris efektifitas aplikasi keuangan dan pengendalian persediaan terhadap optimalisasi penjualan produk UMKM binaan IPEMI Kota Bandung Jawa Barat. Penggunaan data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner pada 155 pengelola UMKM di kota Bandung yang dilakukuan secara acak menggunakan metode simple random sampling. Pengaruh antar variabel di uji dengan Teknik analisis SMART PLS 4.0. Temuan penelitian ini menunjukan penggunaan aplikasi keuangan sangat efektif dalam meningkatkan volume penjualan dan memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pengendalian persediaan. Penelitian ini juga memberikan aspek penting kepada pelaku usaha kafe dan restoran dalam hal perlunya penilaian risiko yang memadai untuk pengelolaan persediaan, ketersediaan sumber daya yang kompeten dalam mengelola aplikasi keuangan dan perlunya prosedur penjualan yang efektif agar konsumen merasa terbantu dalam mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian produk
APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS
Peneliti

Sugeng, S.Kom., M.T

Program Studi

SISTEM KOMPUTER - S1

Deskripsi/Abstrak
Setiap individu berkomunikasi untuk memahami maksud dan tujuan orang lain terhadap dirinya maupun lingkungannya. Namun, beberapa individu menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi, terutama penyandang Tunarungu. Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi pembelajaran bahasa isyarat yang menggabungkan teknologi pengenalan suara (speech to text) bebasis pembelajaran mesin dan Augmented Reality untuk membantu penyandang tunarungu dalam berkomunikasi. Pertama aplikasi akan mengenali masukkan suara dan mengubahnya menjadi teks. Setiap teks yang dikenali kemudian diubah menjadi gerakan bahasa isyarat SIBI yang ditampilkan dalam bentuk animasi 3D melalui Augmented Reality. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, aplikasi berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan, dengan integrasi pengenalan suara ke teks dan gerakan 3D Augmented Reality mencapai tingkat keberhasilan 77.5%. Aplikasi dapat mengenali ucapan suara huruf A-Z. Selain itu aplikasi ini juga berhasil mengenali kata perkata serta mampu mengenali ucapan dalam bentuk kalimat masimal 5 kata setiap kalimat. Setiap huruf dan kata selanjutnya dapat diubah menjadi gerakan 3D pada augmented reality.