Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tugas dalam Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen. Halaman ini menampilkan berbagai kegiatan abdimas yang telah dilaksanakan oleh dosen di Universitas Komputer Indonesia.
2025 2024 2023 2022 2021 2020 2019 2018 2017 2016 2015 2014 2013 2012 2011 2010 2009 2008 2007 2006 2005 2004 2003 2002 2001 2000
Data Pengabdian Kepada Masyarakat - Tahun 2025
Menampilkan 10 dari 17 dataKlik pada judul PkM untuk melihat detail data
PEMBERDAYAAN PENGURUS DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) KHAIRUL AMAL KOTA BANDUNG MELALUI PELATIHAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MASJID MODERN(SIMMAS) BERBASIS WEB UNTUK OPTIMALISASI MANAJEMEN MASJID DI ERA DIGITAL
Pelaksana Kegiatan
Diana Effendi, S.T, M.T Rani Puspita Dhaniawaty, S. Kom., M.Kom.
Program Studi
MANAJEMEN INFORMATIKA - D3
Deskripsi Kegiatan
Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan lanjutan dari PKM sebelumnya, yang telah dilaksanakan dengan hasil pengukuran kepuasan pengguna sebesar 97%, menunjukkan bahwa peserta sangat puas dengan pelatihan yang diberikan dan membutuhkan pelatihan lanjutan terkait penggunaan teknologi informasi. Oleh karena itu, kegiatan kali ini bertujuan untuk mengadakan pelatihan SIMMAS berbasis web bagi pengurus DKM Masjid Khairul Amal Kota Bandung guna mengoptimalkan manajemen masjid di era digital. Pelatihan ini menggunakan metode Service Learning. Dari hasil pengukuran indeks % kepuasan terhdap PKM ini diperoleh 98,8%. Dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan ini membawa dampak positif bagi peserta. Melalui pelatihan ini, diharapkan pengurus DKM dapat memanfaatkan SIMMAS sehingga tercipta pengelolaan masjid yang lebih modern, transparan, berbasis teknologi, yang dapat memenuhi kebutuhan pengurus masjid di era digital. Kata kunci : Kemakmuran Masjid (DKM), Sistem Informasi Manajemen Masjid Modern (SIMMAS), manajemen masjid, Service Learning.
WORKSHOP MENGENAL FILSAFAT
Pelaksana Kegiatan
Assoc. Prof. Usep Mohamad Ishaq, S.Si., M.Si., Ph.D.
Program Studi
SISTEM KOMPUTER - S1
Deskripsi Kegiatan
Workshop ini bertujuan untuk mengenalkan filsafat dan sejarahnya kepada masyarakat khususnya para pemuda muslim agar menengal makna, sejarah, urgensi, dan pandangan Islam terhadap ilmu flsafat karena selama ibi filsafat dianggap sebagai sesuatu yang terlalu abstrak dan tidak memiliki manfaat praktis. Pada workshop ini ditunjukkan di mana letak pentingnya filsafat bagi ilmu-ilmu lain dan bagaimana sebenarnya kedudukan filsafat ditinjau dari segi agama.
WEBINAR MENGAPA (SAINTIS MUSLIM) PERLU BELAJAR FILSAFAT SAINS?
Pelaksana Kegiatan
Assoc. Prof. Usep Mohamad Ishaq, S.Si., M.Si., Ph.D.
Program Studi
SISTEM KOMPUTER - S1
Deskripsi Kegiatan
FIlsafat atau lebih khusus lagi filsafat sains dipandang sesuatu yang tidak diperlukan bagi saintis modern. Padahal filsafat sains sebenarnya sangat penting dipahami terutama bagi saintis muslim ketika sains akan dihubungkan dengan bidang-bidang lain dan bagaimana ia diterapkan secara baik dalam suatu masyarakat. Seminat ini bertujuan untuk menunjukan di mana kepentingan filsafat sains khususnya bagi para saintis muslim
GENERATIVE AI DAN ETIKA PENGGUNAANNYA UNTUK MENDUKUNG POTENSI BERKARYA PADA GENERASI Z SISWA SMA DI LINGKUNGAN WILMAR PLANTATION, KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Pelaksana Kegiatan
Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT Dr. Senny Luckyardi, S. P., M.M. Muhammad Aria Rajasa Pohan, M.T Irfan Dwiguna Sumitra, S.Kom., M.Kom. Ph.D Prof. Dr. Lia Warlina, M.Si, Ir
Program Studi
MAGISTER SISTEM INFORMASI - S2
Deskripsi Kegiatan
Generasi Z atau tech savvy merupakan generasi yang lahir di era serba instan ditengah berbagai kemudahan dikarenakan kemajuan teknologi informasi serta akses luas terhadap teknologi kecerdasan buatan (AI). Hal ini berdampak pada terbentuknya karakter Gen Z yang cenderung memiliki potensi kreativitas yang tinggi namun di sisi lain memiliki daya juang yang kurang tangguh. Penguasaan terhadap Generative AI yang merupakan salah satu bentuk AI yang memungkinkan penciptaan konten kreatif seperti teks, gambar, musik, dan video dapat mendukung potensi berkarya pada Gen Z. Namun, penggunaan teknologi ini menimbulkan tantangan etis, seperti hak cipta, plagiarisme, dan ketergantungan terhadap AI dalam proses kreatif. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana Generative AI dapat dimanfaatkan secara etis untuk mendukung potensi berkarya Generasi Z. Wilmar merupakan perusahaan agribisnis terkemuka yang banyak berkontribusi terhadap pendidikan nasional melalui langkah konkret dalam membangun fasilitas pendidikan berkualitas di wilayah operasionalnya. Keunikan dari pendekatan Wilmar adalah fokus pada pendidikan holistik yang tidak hanya mencakup fasilitas fisik, tetapi juga penyediaan layanan pendukung seperti bus sekolah untuk antar-jemput siswa demi mewujudkan kesempatan mengenyam pendidikan yang sama untuk anak-anak di wilayah terpencil. Wilmar tidak hanya fokus pada produksi dan ekspansi bisnis, tetapi juga pada pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan. Integrasi AI dalam pendidikan holistik dan green economy merupakan sebuah keharusan untuk mencapai komitmen global dalam upaya menyejahterakan masyarakat melalui pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun demikian, banyak siswa SMA di lingkungan Wilmar belum memahami cara menggunakan Generative AI untuk mengoptimalkan kemampuan mereka dalam membuat tugas karya ilmiah, mencari referensi ataupun menciptakan karya lainnya. Selain penguasaan generative AI, para siswa ini sangat memerlukan pengetahuan mengenai batasan-batasan normatif dalam penggunaan tools berbasis AI sehingga tidak menumpulkan idealisme maupun kemampuan berpikir kreatif mereka sebagai Generasi Z, generasi muda pembangun bangsa. Oleh karena itu, dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Bina Bangsa dengan tema Generative AI dan Etika Penggunaannya untuk Mendukung Potensi Berkarya pada Generasi Z Siswa SMA kelas XII 171 orang. Kegiatan dilaksanakan dengan menyajikan tiga topik materi yaitu: pertama adalah “Manajemen Motivasi Berkarya Gen Z di tengah Gempuran AI” dari Dr. Senny Luckyardi; topik kedua berjudul “Dari Tugas Rumah hingga Kreativitas, AI dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa” dari Irfan Dwiguna Sumitra, PhD; dan topik ketiga “Bisa, Kreatif, Sukses” dari Muhammad Aria Rajasa Pohan, MT. Pelaksanaan pelatihan pada Rabu, 26 Februari 2025 pada pukul 08.00-12.30 di Aula SMA Bina Bangsa. Pelaksanaan kegiatan pelatihan diikiti oleh siswa dan guru-guru serta pihak dari Yayasan (Wilmar Internasional). Peserta siswa sangat antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan pelatihan berjalan dengan tertib dan lancar yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan dari peserta. Selain pelatihan tentang Generative AI, kegiatan ini diselingi dengan penjelasan tentang kehidupan sebagai mahasiswa terutama di kampus UNIKOM. Kegiatan dilanjutkan dengan inisiasi kerjasama selanjutnya baik untuk kegiatan pengabdian pada masyarakat selanjutnya maupun diskusi peluang riset bersama dengan tim Wilmar Internasional.
KULIAH UMUM: MERANGKAI IMAN DAN ILMU: MENYELAMI HARMONI AGAMA DAN SAINS
Pelaksana Kegiatan
Assoc. Prof. Usep Mohamad Ishaq, S.Si., M.Si., Ph.D.
Program Studi
SISTEM KOMPUTER - S1
Deskripsi Kegiatan
Dalam dunia yang semakin kompleks dan penuh tantangan ini, peran ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi semakin sentral dalam membentuk peradaban. Di sisi lain, agama tetap menjadi fondasi moral dan spiritual yang menuntun arah kehidupan manusia. Keduanya—agama dan sains—sering kali dipersepsikan sebagai dua entitas yang saling bertentangan, padahal keduanya memiliki potensi besar untuk saling melengkapi dan memperkaya pandangan manusia tentang kehidupan dan alam semesta. Kuliah umum bertajuk “Merangkai Iman dan Ilmu: Menyelami Harmoni Agama dan Sains” diselenggarakan sebagai ruang intelektual untuk menjembatani dialog antara dua kutub penting ini. Kuliah umum ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam perkuliahan Agama Islam di Institut Teknologi Bandung (ITB), sebuah mata kuliah wajib yang bertujuan tidak hanya memberikan pemahaman konseptual tentang Islam, tetapi juga menanamkan kesadaran etis dan spiritual di tengah dinamika akademik dan profesional mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa melihat kembali relasi antara iman dan ilmu dari perspektif yang lebih luas, rasional, dan kontekstual. Bahwa menjadi insan akademik tidak berarti meninggalkan nilai-nilai keimanan; sebaliknya, keilmuan dapat menjadi sarana untuk mendekat kepada Tuhan, dan iman dapat menjadi cahaya dalam menuntun arah penggunaan ilmu. Dalam sejarah peradaban Islam, kita dapat menemukan banyak tokoh yang menjadi simbol keberhasilan integrasi antara agama dan sains. Nama-nama seperti Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, dan Ibnu Al-Haytham adalah contoh bagaimana para ilmuwan Muslim terdahulu tidak melihat kontradiksi antara iman dan ilmu, tetapi justru menganggap keduanya sebagai bagian dari pengabdian kepada Tuhan. Pandangan dunia Islam klasik melihat ilmu sebagai amanah yang harus dipelajari dan digunakan untuk kemaslahatan umat manusia. Warisan intelektual ini masih relevan untuk dikaji dan dijadikan inspirasi dalam menjawab tantangan dunia modern, di mana etika dan orientasi spiritual sering kali terabaikan dalam geliat perkembangan teknologi. Di tengah era globalisasi dan digitalisasi yang pesat saat ini, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dituntut tidak hanya cakap dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki pijakan nilai yang kuat. Kemampuan berpikir kritis, inovatif, dan kolaboratif perlu disertai dengan integritas moral dan spiritualitas yang matang. Oleh karena itu, memahami bagaimana agama dan sains dapat berjalan selaras merupakan bekal penting bagi mahasiswa dalam menjalani kehidupan akademik dan profesional yang berkeadaban. Melalui kuliah umum ini, mahasiswa diajak untuk berdialog dan merefleksikan ulang posisi mereka sebagai insan berilmu dan beriman. Diskusi yang dihadirkan akan membahas berbagai sudut pandang, mulai dari filosofi hubungan agama dan sains, peran sains dalam menguatkan keimanan, hingga etika Islam dalam penggunaan teknologi. Narasumber yang dihadirkan adalah sosok yang memiliki kompetensi dalam bidang keilmuan sekaligus pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai keislaman, sehingga diharapkan mampu memberikan wawasan yang menyeluruh dan inspiratif. Selain menjadi sarana pengayaan materi kuliah, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkuat ikatan intelektual dan spiritual dalam komunitas akademik ITB. Mahasiswa diharapkan tidak hanya memperoleh pemahaman kognitif, tetapi juga terdorong untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam proses belajar, berorganisasi, dan kelak dalam dunia kerja. Dengan demikian, kuliah umum “Merangkai Iman dan Ilmu: Menyelami Harmoni Agama dan Sains” bukan hanya sekadar acara akademik, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam membangun paradigma keilmuan yang utuh—yang tidak memisahkan antara akal dan hati, antara laboratorium dan tempat ibadah, antara pencarian kebenaran ilmiah dan pencarian makna hidup yang hakiki. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi titik tolak bagi mahasiswa untuk menjadi insan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan etis.
SOSIALIASI TV DIGITAL UNIKOM DAN DEMO TEKNIK PENGUKURAN DAYA TANGKAP ANTENA PADA SISWA SMA KEJURUAN DI BANDUNG
Pelaksana Kegiatan
Dr. Yeffry Handoko Putra, S.T, M.T, CISA Budi Herdiana, S.T., M.T.
Program Studi
MAGISTER SISTEM INFORMASI - S2
Deskripsi Kegiatan
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMK di Bandung mengenai teknologi TV digital, perbedaan dengan siaran analog, serta pentingnya pengukuran daya tangkap antena untuk memastikan kualitas siaran yang optimal. Melalui metode sosialisasi, demonstrasi praktis, dan diskusi interaktif, siswa tidak hanya memahami konsep dasar TV digital tetapi juga terampil dalam menggunakan alat ukur seperti spectrum analyzer dan signal meter untuk menganalisis kualitas sinyal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam literasi teknologi TV digital di kalangan siswa, dengan kemampuan analisis kritis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan sinyal. Kegiatan ini juga mendorong siswa untuk lebih siap menghadapi tantangan di industri telekomunikasi. Disarankan agar program serupa dilakukan secara berkelanjutan untuk memperluas manfaat kepada lebih banyak siswa di berbagai wilayah.
PENERAPAN TRASHRACK SEBAGAI SOLUSI PENGELOLAAN SAMPAH DAN PENCEGAHAN BANJIR DI DESA BOJONGKONENG
Pelaksana Kegiatan
Dr. Ir. Y Djoko Setiyarto, ST., MT. Dr. Mohamad Donie Aulia, ST., MT., MM Dr. Vitta Pratiwi, M.T Dr Falderika, ST.,MT.
Program Studi
TEKNIK SIPIL - S1
Deskripsi Kegiatan
Permasalahan sampah yang menyumbat saluran drainase masih menjadi isu lingkungan yang signifikan di kawasan permukiman padat, termasuk di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan aliran air terhambat dan timbulnya genangan, tetapi juga meningkatkan risiko penyebaran penyakit. Berdasarkan hasil observasi dan koordinasi dengan aparat desa, tim pengabdian masyarakat dari Program Studi Teknik Sipil UNIKOM merancang program penerapan trashrack sebagai solusi teknis pencegahan penyumbatan drainase. Kegiatan ini mencakup tiga tahapan utama: (1) pra aksi berupa sosialisasi dan persiapan alat, (2) aksi berupa pembersihan saluran dan pemasangan trashrack, serta (3) pasca aksi berupa evaluasi dan edukasi lanjutan kepada warga. Selain pemasangan alat, program ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah dan perawatan saluran secara mandiri dan berkelanjutan. Program ini selaras dengan tujuan SDGs poin 6 (air bersih dan sanitasi layak) dan poin 11 (permukiman berkelanjutan), dan diharapkan menjadi model kolaboratif antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam penyelesaian masalah lingkungan berbasis teknologi sederhana dan partisipasi aktif warga.
SINERGI EDUKASI DAN SOSIALISASI DALAM MENDORONG KESADARAN HUKUM AGRARIA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
Pelaksana Kegiatan
Assoc. Prof. Dr. Hetty Hassanah, S.H., M.H.
Program Studi
ILMU HUKUM - S1
Deskripsi Kegiatan
Menyampaikan materi terkait aspek hukum Agraria di Desa Cilame
PEKERJAAN JASA KONSULTASI DED JEMBATAN (JEMBATAN “P” DAN JEMBATAN “C”) PADA DINAS PEKERJAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU TA. 2025
Pelaksana Kegiatan
Dr. Ir. Y Djoko Setiyarto, ST., MT.
Program Studi
TEKNIK SIPIL - S1
Deskripsi Kegiatan
Kabupaten Indramayu merupakan salah satu wilayah pesisir di Jawa Barat yang memiliki jaringan jalan dan infrastruktur transportasi darat yang vital untuk konektivitas antarwilayah, khususnya antar-kecamatan dan antar-desa. Namun, beberapa ruas jalan di wilayah ini masih mengalami kendala dalam konektivitas akibat keterbatasan prasarana jembatan yang andal. Dua titik kritis diantaranya adalah lokasi rencana Jembatan “P” dan Jembatan “C”, yang saat ini belum memiliki jembatan permanen atau memiliki jembatan dengan kondisi rusak berat. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan keilmuan di bidang teknik sipil, khususnya dalam perencanaan infrastruktur transportasi berbasis kebutuhan daerah dan berpedoman pada regulasi teknis nasional. Tujuan: • Menyusun dokumen DED Jembatan “P” dan Jembatan “C” yang sesuai dengan standar teknis nasional. • Memberikan rekomendasi teknis perencanaan yang dapat digunakan dalam penganggaran dan pelaksanaan fisik di lapangan. Manfaat: • Membantu Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam menyediakan infrastruktur jembatan yang aman dan fungsional. • Menjadi sarana hilirisasi ilmu teknik sipil dari kampus ke masyarakat/pemerintah daerah. • Menyediakan dokumen teknis yang siap pakai untuk tender atau pelaksanaan proyek.
REVIEWER JURNAL ICOMSE
Pelaksana Kegiatan
Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA.
Program Studi
DOKTOR ILMU MANAJEMEN - S3
Deskripsi Kegiatan
Melakukan Review terhadap paper dari jurnal Icomse