Tutorial Praktikum Kalorimeter Berbasis Augmented Reality Dan Metode Mamdani
Author
Sri Supatmi, S.Kom.,M.T., D.Sc Assoc. Prof. Usep Mohamad Ishaq, S.Si., M.Si., Ph.D.
Abstrak
Proses pembelajaran harus dikemas dengan menarik agar peserta didik termotivasi untukbelajar.Maka dari itu,diperlukanmedia interaktif yang menunjang proses pembelajaran didukung oleh alat-alat berupa media yang menarik seperti teknologi Augmented Reality. Teknologi ini banyak digunakan untuk industri hiburan karena dapat memberikan kesan nyata kepadapenggunanya sehingga dapat membantu meningkatkan motivasi para peserta didik dalam belajar. Pada topik ini, penelitian dikhususkan pada pembuatan Augmented Reality tentang tutorial praktikum fisika dasar modul kalorimeter pada jurusan Sistem Komputer di Universitas Komputer Indonesia yang berbasis Android. Aplikasi ini menyajikan pengenalan alat dan bahan praktikum serta langkah-langkah praktikum. Selain itu,dapat melakukan pemrosesan data praktikum menggunakan metode fuzzy Mamdani karena dalam melakukan pengukuran sering terjadi kesalahan yang mengakibatkan hasilnya tidak tepat sama dengan data kalor jenis zat sehingga kesulitan dalam menentukannya. Hasil pengujian menunjukkan sebesar 76,25% mempermudah praktikan untuk memahami suatu materi praktikum kalorimeter, dan 80% mempermudah pemrosesan data praktikumsertadiperoleh errordatasebesar0,0000005menggunakan metode fuzzy mamdanisehingga dapat digunakanuntuk penentuan kalor jenis. Kata Kunci: Augmented Reality, Kalorimeter, Fuzzy Mamdani, Fisika Dasar, Praktikum
Detail Publikasi Jurnal
Penelitian Induk | : | - |
---|---|---|
Jenis Publikasi | : | Jurnal Nasional Terakreditasi |
Jurnal | : | Komputika: Jurnal Sistem Komputer |
Volume | : | 9 |
Nomor | : | 2 |
Tahun | : | 2020 |
Halaman | : | 165 - 174 |
P-ISSN | : | 2252-9039 |
E-ISSN | : | 2655-3198 |
Penerbit | : | Komputika |
Tanggal Terbit | : | 2020-10-20 |
URL | : | https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputika/article/view/3566 |
DOI | : | - |