Perancangan Game Edukasi "The Legend of Al-Khawarizmi" sebagai Alat Bantu Pembelajaran Mahasiswa Berkebutuhan Khusus


Author

Bella Hardiyana, S.Kom, M.Kom Rani Puspita Dhaniawaty, S. Kom., M.Kom.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan game edukasi yang dapat menunjang pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Pemilihan media game diharapkan dapat menarik minat para mahasiswa berkebutuhan khusus untuk mengikuti proses belajar yang diselenggarakan oleh pihak universitas pasalnya di dalam game sendiri terdapat beberapa animasi, interaksi dan tantangan yang dapat mengubah suasana belajar menjadi menyenangkan.Game sebagai sarana pembelajaran bukanlah konsep baru, konsep ini muncul seiring dengan munculnya berbagai macam game.Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D).Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa berkebutuhan khusus yang ada di lingkungan Prodi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia(Unikom). Hingga pada akhirnya penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis game edukasi yang dijalankan pada perangkat komputer bagi mahasiswa berkebutuhan khusus yang ada di Prodi Sistem Informasi Unikom.

Detail Publikasi Jurnal

Penelitian Induk: -
Jenis Publikasi:Jurnal Nasional Terakreditasi
Jurnal:Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus (JPKK)
Volume:5
Nomor:2
Tahun:2021
Halaman:103 - 111
P-ISSN:2598-5183
E-ISSN:2598-2508
Penerbit:Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Tanggal Terbit:2021-07-31
URL: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/583/101
DOI: https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.583