APPLICATION OF E-LEARNING SYSTEM IN THE WORLD OF EDUCATION


Author

Dr. Senny Luckyardi, M.M.

Abstrak

Aplikasi teknologie-learning pada dunia pendidikan harus mengacu pada peningkatan daya saing mahasiswa yang memilikihard skilldansoft skill. Salah satu indikatornya adalah mahasiswa dituntut untuk memiliki pemahaman konsep yang komprehensif melalui pelaksanaan e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek positif dari sistem e-learning pada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dan peningkatan kognitif mahasiswa, serta membandingkan e-learning dengan sistem pembelajaran lama. Pemahaman konsep dapatditunjukan dengan pengukuran Kompetensi dasar atau Basic skills (BS), Kompetensi yang diperoleh atau Acquired Skills (AS), Prestasi pada perkuliahan/College Accomplishment (CA), and Kemampuan manajemen waktu/Time management (TM). Studi kasus dilakukan di Universitas Komputer Indonesia yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 261 responden. Pengambilan data dan informasi dari Learning Management System (LMS), wawancara dengan divisi terkait dan studi literatur dilakukan untuk melengkapi data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa e-learning dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa, kemampuan kognitif siswa dan daya saing mahasiswa karena lebih mudah untuk mengakses kata-kata, powerpoint, html atau PDF dalam aplikasi LMS. Kesimpulannya adalah bahwa e-learning dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dan dapat digunakan sebagai inovasi pembelajaran yang dapat membantu dosen dan siswa menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran Perangkat Lunak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan input dalam pembangunan teknologi e-learning di universitas.

Detail Publikasi Jurnal

Penelitian Induk: -
Jenis Publikasi:Jurnal Nasional Terakreditasi
Jurnal:Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan
Volume:14
Nomor:1
Tahun:2021
Halaman:47 - 52
P-ISSN:2068-4981
E-ISSN:2620-6390
Penerbit:Universitas Negeri Padang
Tanggal Terbit:2021-05-23
URL: -
DOI: https://doi.org/10.24036/tip.v14i1