Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android


Author

Bella Hardiyana, S.Kom, M.Kom Rani Puspita Dhaniawaty, S. Kom., M.Kom.

Abstrak

Tujuan membangun Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interkatif Algoritma dan Pemrograman Dasar diharapkan bisa menciptakan suasana baru agarproses belajar lebih efektif dandosen tidak mempunyai hambatan dalam memvisualisasikan materi sehingga mahasiswa berkebutuhan khususlebih mudah menyerap materi yang diajarkan oleh dosen. Pemilihan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran adalah untuk sebisa mungkin melengkapi serta mendukung unsur-unsur seperti tujuan materi, metode, dan alat penilaian yang ada dalam proses belajar mengajar konvensional. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan Multimedia Development Life Cycle(MDLC) yang terdiri dari enam tahap yaitu pengonsepan, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian.Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa berkebutuhan khusus yang ada di lingkungan Prodi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pembelajaran sebagai alat bantu bagi dosen dalam menyampaikan materi Algoritma dan Pemrograman Dasar sehingga menciptakan suasana baru di kelas dan diharapkan perkuliahan menjadi lebih efektif bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.

Detail Publikasi Jurnal

Penelitian Induk: -
Jenis Publikasi:Jurnal Nasional Terakreditasi
Jurnal:Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus (JPKK)
Volume:5
Nomor:2
Tahun:2021
Halaman:135 - 143
P-ISSN:2598-5183
E-ISSN:2598-2508
Penerbit:Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Tanggal Terbit:2021-09-06
URL: http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/594/106
DOI: https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.594