DESIGNING E-CRM IN GARUT AGRICULTURAL OFFICE: INTEGRATING MARKETING, MONITORING AND TECHNOLOGY IN PUBLIC SERVICES
Author
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan menganalisis e-CRM dengan framework yang holistik pada Dinas Pertanian Kabupaten Garut untuk membantu Dinas Pertanian Garut dan masyarakat tani dalam mengatasi berbagai isu strategis dan mengkaji e-CRM secara komprehensif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi, sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu prototype. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa E-CRM yang dirancang dinilai user-friendly dan bermanfaat bagi para stakeholder pertanian di Kabupaten Garut. Perancangan E-CRM pada Dinas Pertanian Kabupaten Garut dapat digunakan sebagai alternatif solusi bagi isu-isu strategis yang dihadapi sektor pertanian Kabupaten Garut, yaitu isu marketing, monitoring dan IT untuk menciptakan pelayanan publik yang berkualitas.
Detail Publikasi Jurnal
Penelitian Induk | : | - |
---|---|---|
Jenis Publikasi | : | Jurnal Nasional Terakreditasi |
Jurnal | : | Jurnal Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi |
Volume | : | 9 |
Nomor | : | 2 |
Tahun | : | 2021 |
Halaman | : | 193 - 201 |
P-ISSN | : | - |
E-ISSN | : | - |
Penerbit | : | Universitas Komputer Indonesia |
Tanggal Terbit | : | 2021-11-10 |
URL | : | - |
DOI | : | - |