Analisis Visual Gim Cuphead
Peneliti
Satria Indra Praja Persada, S.Ds., M.M
Deskripsi/Abstrak
Video gim merupakan salah satu karya desain komunikasi visual yang diminati saat ini, gim yang bersifat interaktif memiliki kelebihan dari karya desain lain karena dapat dimainkan oleh penggunanya dan berinteraksi langsung dengan objek yang ada dalam video gim tersebut, Saat ini sudah banyak sekali video gim dengan berbagai jenis mulai dari gim RPG (Role Playing Game), Petualangan (Adventure), Pertarungan (Fighting) hingga Lomba adu kecepatan (Racing) dengan berbagai macam gameplay dan konsep visual, salah satunya adalah Cuphead, Cuphead sendiri merupakan gim petualangan yang menawarkan konsep visual unik sehingga dapat menarik para pemain gim dalam membeli gim tersebut saat ini cuphead sendiri telah terjual sampai 5 juta kopi hal ini tidak lepas dari keunikan konsep visual yang diusung oleh Cuphead. Adapun penelitian mengenai gim Cuphead ini dilatar belakangi oleh konsep visual yang diusung oleh gim Cuphead dimana konsep visual yang di usung oleh gim Cuphead ini memakai konsep visual retro cartoon, adapun tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen-elemen visual yang terkandung dalam gim tersebut dan metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dimana objek penelitian ini akan dikelompokan sesuai dengan elemen-elemen yang terkandung didalamnya lalu dilakukan studi pustaka kepada tiap elemen tersebut dan dilakukan analisis sehingga dapat diketahui asal dari elemen tersebut, lalu hasil dari penelitian ini adalah gambaran dan keterengan mengenai elemen tersebut sehingga berdampak pada desainer
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Analisis Visual Gim Cuphead | Prosiding Nasional | - Volume: - Nomor: - | 2020 |
Detail Penelitian
Program Studi | : | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Nasional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Humanities |
Bidang Litabmas | : | The Arts |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Advancement of Social Sciences and Humanities |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Humanities |
Kelompok Bidang | : | - |
Tahun Usulan | : | 2020 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2020 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2020 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | - |