Maintenance Helpdesk Information System in Retail Companies


Peneliti

Julian Chandra Wibawa, M.Kom Rauf Fauzan, M.Kom

Deskripsi/Abstrak

Salah satu bentuk pelayanan kepada konsumen yang di berikan perusahaan ritel adalah kenyamanan belanja. Mulai dari kondisi bangunan, suhu ruangan dan penerangan di setiap gerainya. Namun sistem yang menangani pengelolaan kondisi fisik gerai ini, menjadi hal yang kurang diperhatikan, akibatnya beberapa pelaksanaan perbaikan dan perawatan gerai, tidak seperti yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi helpdesk maintenance untuk memberikan pelayanan perbaikan yang efektif dan efisien. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif, menggunakan pendekatan terstruktur, menggunakan alat bantu flowmap, diagram konteks, Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD), sedangkan untuk pengembangannya menggunakan model prototype. Penelitian ini menghasilkan perancangan sebuah Sistem Informasi Helpdesk Maintenance di Perusahaan Retail, sehingga dapat disimpulkan aplikasi ini mampu memonitoring seluruh kondisi fisik gerai yang ada, serta mampu meningkatkan kinerja di departemen maintenance dan mempersingkat waktu dalam proses administrasi.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun
Maintenance Helpdesk Information System in Retail CompaniesProsiding Internasional-
Volume: -
Nomor: -
2019

Detail Penelitian

Program Studi: SISTEM INFORMASI - S1
Tingkat:Internasional
Jenis Litabmas:Penelitian Dasar
Skim Litabmas:-
Kategori Bidang Litabmas:Engineering and Technology
Bidang Litabmas:Other Engineering and Tehcnology
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:Information and Communication Services
Tujuan Sosial Ekonomi:Computer Software & Services
Kelompok Bidang:-
Tahun Usulan:2019
Tahun Pelaksanaan:2019
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2019
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:-