Analisa Data Mining Menggunakan Algoritma AHC Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Calon Mahasiswa Baru
Peneliti
Chrismikha Hardyanto, S.Kom., M.Kom. Fakhrian Fadlia Adiwijaya, M.kom
Deskripsi/Abstrak
Bertambahnya jumlah perguruan tinggi swasta ataupun negeri di Indonesia menambah kompetisi dalam menarik perhatian calon mahasiswa, hal ini menjadi tantangan bagi perguruan tinggi untuk menarik dan mempertahankan calon mahasiswa. Strategi promosi yang efektif menjadi sangat penting untuk mencapai tujuan ini. Penelitian ini mengeksplorasi penggunakan teknik clustering untuk mengoptimalkan strategi promosi perguruan tinggi, dengan fokus pada penerapan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC). Dengan menerapkan metode AHC pada data penerimaan mahasiswa baru, perguruan tinggi dapat mengidentifikasi segmen calon mahasiswa dengan karakteristik yang serupa dan memprediksi pola pendaftaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmentasi yang dihasilkan memungkinkan personalisasi pesan promosi yang lebih relevan dan spesifik. Selain itu, analisis ini juga dapat membantu melihat tren dan preferensi dari calon mahasiswa, yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing institusi di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini diharapkan dapat meingkatkan efektivitas promosi dan juga memberikan wawasan berharga bagi pengelola perguruan tinggi dalam hal ini kepala UPT PMB untuk dapat merancang strategi promosi berbasis data
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Data Publikasi Tidak Tersedia |
Detail Penelitian
Program Studi | : | TEKNIK INFORMATIKA - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Lokal/Regional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | Penelitian Dana Lokal Perguruan Tinggi |
Kategori Bidang Litabmas | : | Engineering and Technology |
Bidang Litabmas | : | Other Engineering and Tehcnology |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Education and Training |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Other |
Kelompok Bidang | : | Teknologi Informasi |
Tahun Usulan | : | 2023 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2024 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2024 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | - |