Analisa Data Mining Menggunakan Algoritma AHC Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Calon Mahasiswa Baru
Peneliti
Chrismikha Hardyanto, S.Kom., M.Kom. Fakhrian Fadlia Adiwijaya, M.kom
Deskripsi/Abstrak
Bertambahnya jumlah perguruan tinggi swasta ataupun negeri di Indonesia menambah kompetisi dalam menarik perhatian calon mahasiswa, peningkatan ini mengharuskan istitusi mencari strategi promosi yang lebih efektif. Data penerimaan mahasiswa baru pada periode tahun 2021 sampai 2023 menunjukkan, dari 25 program studi yang ada, 6 program studi mengalami penurunan jumlah pendaftaran, dan 3 lainnya hanya mengalami peningkatan yang tidak signifikan. Pada penelitian ini akan menggunakan data penerimaan mahasiswa baru dan media promosi untuk merancang strategi promosi yang efektif melalui data mining, menggunakan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan membagi konten promosi menjadi tiga fokus utama berdasarkan preferensi calon mahasiswa, perguruan tinggi dapat meningkatkan efektivitas promosi. Konten pertama menargetkan fakultas manajemen, ilmu budaya, dan desain dengan proporsi konten untuk manajemen (40.65%), desain komunikasi visual (35.10%), akuntansi (9.63%), sastra Jepang (8.16%), dan desain interior (6.45%), menggunakan media promosi website dan Instagram dengan penekanan pada website. Konten kedua menargetkan fakultas teknik dan ilmu komputer dengan proporsi konten untuk teknik informatika (57.84%), sistem informasi (23.01%), teknik arsitektur (8.35%), sistem komputer (7.47%), dan teknik sipil (3.33%), juga menggunakan website dan Instagram dengan fokus pada website. Konten ketiga berfokus pada fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, dengan proporsi konten untuk ilmu komunikasi (74.13%), hubungan internasional (21.29%), dan ilmu pemerintahan (4.57%), dengan penekanan pada Instagram. Pendekatan ini memungkinkan perguruan tinggi untuk lebih memahami preferensi dan kebutuhan calon mahasiswa, serta menciptakan pesan promosi yang lebih personal dan relevan, meningkatkan daya tarik dan keberhasilan dalam rekrutmen mahasiswa baru.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Data Publikasi Tidak Tersedia |
Detail Penelitian
Program Studi | : | TEKNIK INFORMATIKA - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Lokal/Regional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | Penelitian Dana Lokal Perguruan Tinggi |
Kategori Bidang Litabmas | : | Engineering and Technology |
Bidang Litabmas | : | Other Engineering and Tehcnology |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Education and Training |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Other |
Kelompok Bidang | : | Teknologi Informasi |
Tahun Usulan | : | 2023 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2024 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2024 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | - |