Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Konten Siaran Langsung Pada Media Sosial TikTok House of Smith Bandung Untuk Menarik Minat Beli Konsumen
Peneliti
Tine Agustin Wulandari, S.I.Kom., M.I.Kom.
Deskripsi/Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran House of Smith Bandung melalui konten Siaran langsung di platform TikTok, dengan memperhatikan enam aspek mikro yaitu Konteks, Optimalisasi, Keterikatan, Promosi, Waktu, dan Road Map. Hasil penelitian diperoleh bahwa House of Smith menyampaikan konteks dengan diselingi oleh candaan. Optimalisasi dilakukan dengan memanfaatkan fitur ads TikTok serta menggunakan kamera mirrorless dan microphone eksternal. Keterikatan, host siaran langsung berusaha menjawab pertanyaan, merespon permintaan, dan memberikan konten yang menghibur. Bentuk promosi yang digunakan ialah Flash Sale dan giveaway. Waktu ditetapkan dengan mempertimbangkan jam prime time dan waktu ramai seperti akhir pekan untuk meningkatkan traffic dan interaksi dengan penonton. Road Map disusun untuk meningkatkan brand awareness, pengetahuan produk, dan penjualan. Kesimpulan penelitian ini, House of Smith Bandung telah berhasil memanfaatkan platform TikTok dengan baik. Strategi keterikatan melalui interaksi aktif, responsif terhadap pertanyaan dan umpan balik, serta pembentukan komunitas penonton setia juga terbukti sebagai hasil hubungan yang positif dengan audiens. Melalui integrasi promosi produk, penjualan, dan evaluasi berkelanjutan, pemanfaatan platform TikTok menjadi sukses dalam meningkatkan interaksi, keterikatan, dan minat beli konsumen.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Data Publikasi Tidak Tersedia |
Detail Penelitian
Program Studi | : | ILMU KOMUNIKASI - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Lokal/Regional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Social Sciences |
Bidang Litabmas | : | Commerce, Management, Tourism and Services |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Information and Communication Services |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Communication Services |
Kelompok Bidang | : | Ilmu Komunikasi |
Tahun Usulan | : | 2023 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2023 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2023 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | Bandung, Jawa Barat, Indonesia |