Pengaruh Pembentukan Virtual Brand Community Rebel Secret Society Oleh Mad For Makeup terhadap Loyalitas Anggotanya
Peneliti
Tine Agustin Wulandari, S.I.Kom., M.I.Kom.
Deskripsi/Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pembentukan virtual brand community Rebel Secret Society (RSS) oleh Mad for Makeup terhadap loyalitas anggotanya. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menganalisis kesadaran bersama, ritual dan tradisi, tanggung jawab moral, pembelian berulang, pembelian di semua lini produk, rekomendasi produk, dan kekebalan dari tarikan kompetitor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan melalui penyebaran angket terhadap 95 responden anggota komunitas Rebel Secret Society dengan teknik sampling yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan komunitas merek virtual memiliki pengaruh yang valid dan signifikan terhadap loyalitas anggotanya dengan hasil 33,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa komunitas virtual memiliki peran dalam memengaruhi perilaku anggota dan membentuk kesetiaan terhadap merek. Rekomendasi bagi Mad for Makeup diharapkan dapat lebih mendorong interaksi agar virtual brand community dapat memberikan pengaruh yang maksimal dan lebih memberikan manfaat untuk anggota Rebel Secret Society maupun untuk Mad for Makeup.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Data Publikasi Tidak Tersedia |
Detail Penelitian
Program Studi | : | ILMU KOMUNIKASI - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Lokal/Regional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Social Sciences |
Bidang Litabmas | : | Behavioural and Cognitive Sciences |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Advancement of Social Sciences and Humanities |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Social Sciences |
Kelompok Bidang | : | Ilmu Komunikasi |
Tahun Usulan | : | 2023 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2023 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2023 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | Indonesia |