TANGGAPAN LULUSAN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA (UNIKOM) BANDUNG MENGENAI STRATEGI CAREER DEVELOPMENT CENTER (CDC) DALAM MEMBANTU LULUSAN MEMPEROLEH PEKERJAAN
Peneliti
Tine Agustin Wulandari, S.I.Kom., M.I.Kom.
Deskripsi/Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) khususnya sebagai bahan evaluasi dan masukan bagi Direktorat Aset, Tata Kelola, dan Career Center yang sudah berubah menjadi Divisi Bimbingan, Konseling, dan Career Center sejak November 2018, melalui.tanggapan lulusan mengenai strategi yang dilakukan CDC Unikom dalam membantu lulusan memperoleh pekerjaan. Sub fokus yang digunakan dalam penelitian ini adalah tanggapan lulusan pada tiga strategi CDC Unikom yaitu, job fair, tracer study, dan website. Penelitiian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan Metode Penelitian Deskriptif. Informan dipilih melalui Teknik Purposif, terdiri dari tiga informan, yang merupakan lulusan Unikom sebagai peserta fair, responden tracer study, dan pengunjung webiste. Teknik pengumpulan data melalui: tinjauan pustaka, penelusuran data online, wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data ditempuh menggunakan analisis data kualitatif, terdiri dari: data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing (verification), Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tanggapan lulusan mengenai job fair yang dilakukan oleh CDC Unikom cukup membantu untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi, tanggapan lulusan mengenai perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi di Unikom Career Days cukup negatif karena lebih banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Walaupun begitu, CDC Unikom senantiasa melakukan pendataan atau pemantauan mengenai jumlah lulusan Unikom yang memperoleh pekerjaan dari pelaksanaan Unikom Career Days; (2) Tanggapan lulusan mengenai tracer study yang dilakukan oleh CDC Unikom adalah biasa saja manfaatnya sehingga masih perlu disosialisasikan diantaranya manfaat mengisi tracer study, dimana lulusan dapat mengetahui performance (penilaian atas kinerjanya) yang berasal dari atasan atau pimpinan perusahaan, tempat lulusan tersebut bekerja; (3) Tanggapan lulusan mengenai website CDC Unikom dalam membantu lulusan memperoleh pekerjaan sudah secara keseluruhan sudah jelas dan cukup lengkap, tetapi mengenai tampilan website CDC Unikom dirasa masih terlihat monoton. Halaman-halaman tertentu pada website tersebut kurang baik pengelolaannya sehingga tampak tidak rapi, misalnya halaman artikel. Website CDC Unikom juga tidak terlalu update dimana pembaharuan dilakukan berdasarkan informasi yang akan dibagikan. Peneliti menyimpulkan bahwa tanggapan lulusan mengenai strategi yang dilakukan oleh CDC Unikom sudah dikelola secara rutin dan terorganisir sehingga cukup membantu lulusan mendapatkan pekerjaan. Peneliti menyarankan Selain informasi mengenai lowongan pekerjaan, CDC Unikom juga dapat memberikan materi terkait dengan pengembangan karir dengan membuat modul khusus yang diterbitkan CDC Unikom, yang dapat diunduh secara gratis holeh lulusan Unikom.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
TANGGAPAN LULUSAN UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA (UNIKOM) BANDUNG MENGENAI STRATEGI CAREER DEVELOPMENT CENTER (CDC) DALAM MEMBANTU LULUSAN MEMPEROLEH PEKERJAAN | Prosiding Internasional | - Volume: - Nomor: - | 2018 |
Detail Penelitian
Program Studi | : | ILMU KOMUNIKASI - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Internasional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Social Sciences |
Bidang Litabmas | : | Studies in Human Society |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Education and Training |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Educational Administration |
Kelompok Bidang | : | - |
Tahun Usulan | : | 2018 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2018 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2018 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | - |