Pengaruh Model Bisnis, Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Digitalisasi UMKM Pasca COVID-19


Peneliti

Supriyati, S.E., M.Si., Ak., CA., ASEAN CPA., C.PI., CIAP.

Deskripsi/Abstrak

Model bisnis pada dasarnya terkait dengan inovasi teknologi, namun konstruksi model bisnis pada dasarnya dapat dipisahkan dari teknologi. Kami mendefinisikan model bisnis sebagai sistem yang memecahkan masalah dalam mengidentifikasi siapa (atau siapa) pelanggan, terlibat dengan kebutuhan mereka, memberikan kepuasan, dan menghasilkan uang dari nilai. Saat ini, semakin banyak organisasi yang menyadari pentingnya membangun sistem informasi berdasarkan perumusan strategi bisnis dan mengimplementasikan strategi bisnis tersebut dalam aktivitas perusahaan. Kelangsungan hidup suatu organisasi sangat ditentukan oleh kemampuannya untuk bersaing di pasar. Model Bisnis merupakan faktor yang mempengaruhi penerapan sistem informasi akuntansi. Dalam sistem modern, tumbuh saling ketergantungan antara sistem informasi perusahaan dengan strategi bisnis dan proses bisnis perusahaan. Ada pengaruh yang sama kuat antara strategi bisnis dan sistem informasi. Kompetensi Pengguna merupakan produk pengetahuan, keterampilan dan nilai serta perilaku konsumen sebagai potensi dasar Kualitas Sistem Informasi Startup Digital dan Kinerja UMKM dalam menghadapi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pertemuan tersebut adalah untuk mencapai tujuan bersama secara universal dan mampu menjaga keseimbangan tiga dimensi pembangunan berkelanjutan: lingkungan, sosial dan ekonomi. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan lapangan, pendekatan kelembagaan, dan pendekatan kepustakaan. Jenis data adalah data primer dan data sekunder. Model pengembangan sistem yang digunakan tim peneliti adalah prototype, pemetaan UMKM menggunakan data mining, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Target output yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memperoleh Data Potensi UMKM dan Mendapatkan Model Strategi Bisnis, Kompetensi Pengguna dan Perilaku Konsumen sebagai Potensi Pasar Perilaku Konsumen sebagai potensi dasar Kualitas Sistem Informasi Startup Digital dan Kinerja UMKM dalam menghadapi Keberlanjutan Development Goals dalam mengelola usahanya agar optimal dan memiliki nilai tambah dalam menghadapi Sustainable Development Goals.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun

Data Publikasi Tidak Tersedia

Detail Penelitian

Program Studi: KOMPUTERISASI AKUNTANSI - D3
Tingkat:Lokal/Regional
Jenis Litabmas:Penelitian Dasar
Skim Litabmas:-
Kategori Bidang Litabmas:Social Sciences
Bidang Litabmas:Economics
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:Information and Communication Services
Tujuan Sosial Ekonomi:Computer Software & Services
Kelompok Bidang:Akuntansi
Tahun Usulan:2021
Tahun Pelaksanaan:2022
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2022
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat