Identifikasi Ruang Perbauran pada Kawasan Permukiman sebagai Ruang Positif Anak
Peneliti
Assoc. Prof. Dr. Dhini Dewiyanti Tantarto, M.T, Ir Tri Widianti Natalia, M.T, S.T
Deskripsi/Abstrak
Fenomena sosiodemografi pola bermain anak menunjukkan bahwa generasi anak saat ini masih kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan pola bermain kreatif, eksploratif, dan kooperatif yang melibatkan teman bermain. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan ruang ramah anak dan tidak adanya transfer pengetahuan mengenai pola bermain dari orang tua kepada generasi saat ini. Pada beberapa kasus permukiman perkotaan, kita masih bisa melihat fenomena yang menunjukkan peluang anak melakukan aktivitas bermain yang positif secara berkelompok dan mampu menemukan kreativitasnya. Beberapa lokasi bahkan menunjukkan bahwa anak-anak masih memainkan permainan tradisional. Hipotesis awal mengarahkan peneliti pada dugaan bahwa fenomena ini muncul dalam kasus permukiman terencana dan tidak terencana di daerah perkotaan yang tumbuh berdampingan di mana terdapat adanya ruang campuran atau hamparan ruang yang tidak disengaja. Makalah ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola spasial yang terjadi akibat percampuran tipe permukiman untuk membuktikan hipotesis tersebut.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Data Publikasi Tidak Tersedia |
Detail Penelitian
Program Studi | : | TEKNIK ARSITEKTUR - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Lokal/Regional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Social Sciences |
Bidang Litabmas | : | Behavioural and Cognitive Sciences |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | - |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | - |
Kelompok Bidang | : | Teknik Arsitektur |
Tahun Usulan | : | 2021 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2021 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2021 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | Bandung |