Analisa Data Mining Menggunakan Algoritma AHC Clustering Untuk Menentukan Strategi Promosi Calon Mahasiswa Baru


Peneliti

Chrismikha Hardyanto, S.Kom., M.Kom. Fakhrian Fadlia Adiwijaya, M.kom

Deskripsi/Abstrak

Bertambahnya jumlah perguruan tinggi swasta ataupun negeri di Indonesia menambah kompetisi dalam menarik perhatian calon mahasiswa, peningkatan ini mengharuskan istitusi mencari strategi promosi yang lebih efektif. Data penerimaan mahasiswa baru pada periode tahun 2021 sampai 2023 menunjukkan, dari 25 program studi yang ada, 6 program studi mengalami penurunan jumlah pendaftaran, dan 3 lainnya hanya mengalami peningkatan yang tidak signifikan. Pada penelitian ini akan menggunakan data penerimaan mahasiswa baru dan media promosi untuk merancang strategi promosi yang efektif melalui data mining, menggunakan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan membagi konten promosi menjadi tiga fokus utama berdasarkan preferensi calon mahasiswa, perguruan tinggi dapat meningkatkan efektivitas promosi. Konten pertama menargetkan fakultas manajemen, ilmu budaya, dan desain dengan proporsi konten untuk manajemen (40.65%), desain komunikasi visual (35.10%), akuntansi (9.63%), sastra Jepang (8.16%), dan desain interior (6.45%), menggunakan media promosi website dan Instagram dengan penekanan pada website. Konten kedua menargetkan fakultas teknik dan ilmu komputer dengan proporsi konten untuk teknik informatika (57.84%), sistem informasi (23.01%), teknik arsitektur (8.35%), sistem komputer (7.47%), dan teknik sipil (3.33%), juga menggunakan website dan Instagram dengan fokus pada website. Konten ketiga berfokus pada fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, dengan proporsi konten untuk ilmu komunikasi (74.13%), hubungan internasional (21.29%), dan ilmu pemerintahan (4.57%), dengan penekanan pada Instagram. Pendekatan ini memungkinkan perguruan tinggi untuk lebih memahami preferensi dan kebutuhan calon mahasiswa, serta menciptakan pesan promosi yang lebih personal dan relevan, meningkatkan daya tarik dan keberhasilan dalam rekrutmen mahasiswa baru.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun

Data Publikasi Tidak Tersedia

Detail Penelitian

Program Studi: TEKNIK INFORMATIKA - S1
Tingkat:Lokal/Regional
Jenis Litabmas:Penelitian Dasar
Skim Litabmas:Penelitian Dana Lokal Perguruan Tinggi
Kategori Bidang Litabmas:Engineering and Technology
Bidang Litabmas:Other Engineering and Tehcnology
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:Education and Training
Tujuan Sosial Ekonomi:Other
Kelompok Bidang:Teknologi Informasi
Tahun Usulan:2023
Tahun Pelaksanaan:2024
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2024
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:-