Pengaruh Pembentukan Virtual Brand Community Rebel Secret Society Oleh Mad For Makeup terhadap Loyalitas Anggotanya


Peneliti

Tine Agustin Wulandari, S.I.Kom., M.I.Kom.

Deskripsi/Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pembentukan virtual brand community Rebel Secret Society (RSS) oleh Mad for Makeup terhadap loyalitas anggotanya. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menganalisis kesadaran bersama, ritual dan tradisi, tanggung jawab moral, pembelian berulang, pembelian di semua lini produk, rekomendasi produk, dan kekebalan dari tarikan kompetitor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan melalui penyebaran angket terhadap 95 responden anggota komunitas Rebel Secret Society dengan teknik sampling yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan komunitas merek virtual memiliki pengaruh yang valid dan signifikan terhadap loyalitas anggotanya dengan hasil 33,7%. Hal tersebut menunjukkan bahwa komunitas virtual memiliki peran dalam memengaruhi perilaku anggota dan membentuk kesetiaan terhadap merek. Rekomendasi bagi Mad for Makeup diharapkan dapat lebih mendorong interaksi agar virtual brand community dapat memberikan pengaruh yang maksimal dan lebih memberikan manfaat untuk anggota Rebel Secret Society maupun untuk Mad for Makeup.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun

Data Publikasi Tidak Tersedia

Detail Penelitian

Program Studi: ILMU KOMUNIKASI - S1
Tingkat:Lokal/Regional
Jenis Litabmas:Penelitian Dasar
Skim Litabmas:-
Kategori Bidang Litabmas:Social Sciences
Bidang Litabmas:Behavioural and Cognitive Sciences
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:Advancement of Social Sciences and Humanities
Tujuan Sosial Ekonomi:Social Sciences
Kelompok Bidang:Ilmu Komunikasi
Tahun Usulan:2023
Tahun Pelaksanaan:2023
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2023
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:Indonesia