Pemanfaatan ITIL v3 untuk Mengatasi Masalah Layanan TI pada Sistem Terintegrasi di Perguruan Tinggi
Peneliti
Dr. Yeffry Handoko Putra, S.T, M.T
Deskripsi/Abstrak
Permasalahan dalam penerapan suatu layanan berbasis teknologi informasi yang terintegrasi adalah perlunya standar data, kesiapan sistem dalam men-sharing data, ketersediaan sistem, beban pengunaan yang besar, serta keengganan pengguna untuk memanfaatkan sistem baru yang terintegrasi. Pada penelitian akan diusulkan kerangka kerja ITIL (Information Technology Infrastructure Libary) untuk meninjau kembali praktek layananan pada IT Service Management dari suatu sistem layananan terintegrasi yang digunakan di perguruan tinggi. Hasil dari penelitian ini berupa 8 proses management layanan yang harus diprioritaskan untuk menyelesaikan masalah, serta berdasasrkan nilai KPI < 40% terdapat 4 proses manajemen layanan yang harus diperbaiki.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Pemanfaatan ITIL v3 untuk Mengatasi Masalah Layanan TI pada Sistem Terintegrasi di Perguruan Tinggi | Prosiding Nasional | - Volume: - Nomor: - | 2017 |
Detail Penelitian
Program Studi | : | MAGISTER SISTEM INFORMASI - S2 |
---|---|---|
Tingkat | : | Nasional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Engineering and Technology |
Bidang Litabmas | : | Information, Computing, and Communication Sciences |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Information and Communication Services |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Information Services (including library) |
Kelompok Bidang | : | - |
Tahun Usulan | : | 2017 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2017 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2017 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | - |