Tingkat kepuasan Pejalan Kaki Terhadap Trotoar Jalan DipatiUkur Bandung


Peneliti

Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si Tri Widianti Natalia, M.T, S.T

Deskripsi/Abstrak

Pertumbuhan sarana transportasi di Kota Bandung terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduknya. Untuk mengurangi kemacetan karena imbas dari pertumbuhan sarana transportasi, maka Kota Bandung mulai menggalakan kegiatan berjalan kaki yang merupakan sarana transportasi mendasar dan dapat dilakukan bagi semua orang. Untuk mendorong kegiatan berjalan kaki, Pemerintah Kota Bandung mulai membenahi infrastruktur kotanya, salah satunya adalah perbaikan jalur pejalan kaki (trotoar) dan pemeliharaan kelengkapan fasilitas pejalan kaki. Trotoar Jalan Dipati Ukur menjadi salah satu jalan kolektor sekunder yang sudah mulai dibenahi, namun baru sebagian sisi selatan yang baru dibenahi, sedangkan sisi utara belum sama sekali dibenahi oleh Pemerintah. Padahal Trotoar Jalan Dipati Ukur memiliki peran yang sangat penting, untuk menghubungkan berbagai fungsi bangunan. Terlebih di Jalan ini berdiri beberapa Perguruan Tinggi yang cukup besar. Sedikit sekali jumlah pejalan kaki di Jalan Dipati Ukur (William, 2013), tentunya ini dikarenakan kurangnya fasilitas trotoar dalam memberikan nilai kenyamanan, keamanan, serta kemudahan bagi pejalan kaki. Hal ini mengindikasikan adanya perbedaan antara persepsi masyarakat dengan harapan pejalan kaki terhadap kualitas fasilitas trotoar Jalan Dipati Ukur. Adanya gap antara nilai persepsi masyarakat dengan harapan masyarakat terhadap elemen pembentuk trotoar Jalan Dipati Ukur, membuat penelitian ini penting untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pejalan kaki berdasarkan perbandingan antara nilai persepsi dan harapan terhadap kualitas elemen - elemen pembentuk trotoar Jalan Dipati Ukur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian deskriptif, yang menjelaskan tingkat kepuasan pejalan kaki terhadap kualitas elemen elemen trotoar Jalan Dipati Ukur (sisi kiri dari Perempatan Simpang Dago sampai Pertigaan Jalan Singa Perbangsa). Penelitian ini menggunakan metode Accidential Sampling dalam pemilihan responden, dengan jumlah 100 responden. Metode pengumpulan data utama dilakukan dengan metode intercept, dengan menggunakan kuesioner dengan skala Semantic Differential Method (Nazir, 2009). Penelitian ini menggunakan skala 5 point (point 1 menunjukkan sangat buruk sampai point 5 yang menunjukkan sangat baik) untuk menilai unit analisis dari elemen - elemen pembentuk trotoar Jalan Dipati Ukur. Unit analisis dari elemen pembentuk trotoar diantaranya : kondisi fisik, keamanan, hardscape, softscape, kenyamanan, nilai estetis, ruang sosial, kualitas lingkungan dan Path Facilities / Amenities.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun

Data Publikasi Tidak Tersedia

Detail Penelitian

Program Studi: TEKNIK ARSITEKTUR - S1
Tingkat:Lokal/Regional
Jenis Litabmas:Penelitian Dasar
Skim Litabmas:-
Kategori Bidang Litabmas:Agricultural and Environmental Sciences
Bidang Litabmas:Architecture, Urban Environment and Building
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:Social Development and Community Services
Tujuan Sosial Ekonomi:Public Services
Kelompok Bidang:-
Tahun Usulan:2017
Tahun Pelaksanaan:2017
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2017
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:-