KAJIAN CITRA VISUAL GAYA BERKENDARA KENDARAAN RODA DUA DALAM IKLAN TELEVISI SEPEDA MOTOR
Peneliti
Ivan Kurniawan, S.Sn, M.Ds. Irma Rochmawati, S.Ds.
Deskripsi/Abstrak
Penelitian merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis isi dan teori citra. Iklan televisi sepeda motor Yamaha tahun 2016 akan dipilah berdasarkan kategorisasi produk unggulan, yakni Yamaha Nmax, MX King 150, MT-25, dan R25. Selanjutnya iklan-iklan tersebut akan dipotong dalam beberapa adegan untuk kemudian mengkajinya melalui pendekatan analisis isi dan teori citra. Setelah teridentifikasi, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan pada persepsi yang terbentuk di masyarakat. Adapun responden yang akan dilibatkan sebagai subjek penelitian adalah masyarakat umum dengan rentang usia 18 hingga 30 tahun. Penelitian menyimpulkan bahwa Yamaha memberikan citra produk berupa ‘agresif' dan ‘cepat' yang dihadirkan dalam bentuk visual pada iklan televisi sepeda motor unggulan Yamaha tahun 2016. Adapun gaya berkendara yang ditangkap oleh masyarakat berupa gaya berkendara yang agresif dan arogan.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Data Publikasi Tidak Tersedia |
Detail Penelitian
Program Studi | : | DESAIN KOMUNIKASI VISUAL - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Nasional |
Jenis Litabmas | : | Penelitian Dasar |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Social Sciences |
Bidang Litabmas | : | Information, Computing, and Communication Sciences |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Information and Communication Services |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Information, Computer and Communication Technologies |
Kelompok Bidang | : | - |
Tahun Usulan | : | 2016 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2016 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2016 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | - |