Apresiasi Sastra Dalam Mata Kuliah Kesusastraan Jepang Sebagai Upaya Pengembangan Aspek Kognitif, Emotif, dan Evaluatif Pada Mahasiswa
Peneliti
Deskripsi/Abstrak
Penelitian ini selain bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan apresiasi sastra dalam mata kuliah Kesusastraan Jepang sehingga benar-benar dapat memberikan pengaruh terhadap pengembangan aspek kognitif, emotif, dan evaluatif pada mahasiswa. Selain itu juga diharapkan agar kegiatan apresiasi sastra dapat dijadikan model pembelajaran yang juga dapat mengasah dan meningkatkan tidak hanya aspek kognitif, namun juga aspek emotif, maupun evaluatif mahasiswa dalam mata kuliah lainnya. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kegiatan apreasiasi sastra pada mata kuliah Kesusastraan Jepang I, untuk mengetahui permasalahan yang muncul dalam kegiatan apreasiasi sastra, untuk mencari solusi dari permasalahn yang muncul, untuk mengetahui respon mahasiswa dalam kegiatan apreasiasi sastra dalam mata kuliah Kesusastraan Jepang I, serta untuk mengetahui pengaruh kegiatan apresiasi sastra terhadap pengembangan aspek kognitif, emotif, dan evaluatif mahasiswa. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau action research yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru (pengajar) di kelas sesuai dengan bidang yang diampunya, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan hasilnya, kemudian disusul dengan refleksi guna meningkatkan kualitas PBM, dalam hal ini kualitas kegiatan apresiasi sastra melalui apresiasi prosa dalam mata kuliah Kesusastraan Jepang I sehingga benar-benar mampu mengembangan aspek kognitif, emotif, dan evaluatif pada mahasiswa. Penelitian akan dilakukan melalui tahapan mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian, menganalisis dan merumuskan masalah, merencanakan tindakan untuk perbaikan, pelaksanaan Siklus I (rancangan tindakan, pelaksanaan, observasi, refleksi), pelaksanaan Siklus II (rancangan tindakan II, pelaksanaan dan observasi II, refleksi II, penyebaran angket, menganalisis seluruh data temuan di lapangan, melaporkan hasil penelitian, dan mempublikasikan hasil penelitian.
Publikasi
Judul | Jenis | Media | Tahun |
---|---|---|---|
Data Publikasi Tidak Tersedia |
Detail Penelitian
Program Studi | : | SASTRA JEPANG - S1 |
---|---|---|
Tingkat | : | Lokal/Regional |
Jenis Litabmas | : | Pengembangan Eksperimental |
Skim Litabmas | : | - |
Kategori Bidang Litabmas | : | Humanities |
Bidang Litabmas | : | Other Humanities |
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi | : | Education and Training |
Tujuan Sosial Ekonomi | : | Teaching |
Kelompok Bidang | : | - |
Tahun Usulan | : | 2016 |
Tahun Pelaksanaan | : | 2016 |
Tahun Pelaksanaan Ke- | : | 1 |
Tahun Kegiatan | : | 2016 |
Lama Kegiatan (dalam tahun) | : | 1 |
Lokasi Kegiatan | : | - |