Peningkatan Kinerja Penjualan Usaha Kecil dengan Menggunakan Marketing Digital di Wilayah Cisaranten Kulon


Peneliti

Supriyati, S.E., M.Si., Ak., CA., ASEAN CPA., C.PI., CIAP.

Deskripsi

Khomsah Kholifah adalah usaha kecil yang menawarkan jasa maklun rapihan yang dalam beberapa tahun terakhir khomsah kholifah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar seperti zoya, elzatta, unique dan beberapa model kerudung dan pakaian dari brand Mandjha milik Ivan Gunawan untuk memproduksi produknya. Namun, dengan potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya serta kualitas yang diakui oleh brand-brand besar, Khomsah Kholifah belum mampu memproduksi produk unggulannya sendiri. Keterbatasan pengetahuan SDM tentang pentingnya tata kelola perusahaan membuat Khomsah Kholifah sampai saat ini produk utama yang ditawarkan adalah jasa maklun untuk customer-nya. Proses bisnis yang terjadi rata-rata adalah Business to Business (B2B), sedangkan Business to Customer (B2C) masih di bawahnya karena hanya memproduksi produk-produk unggulan dalam jumlah yang kecil. Hal tersebut menjadikan Usaha Kecil Khomsah Kholifah kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya karena pendapatan dari proses B2B tidak dapat langsung diterima saat pengiriman barang, namun dalam beberapa bulan setelah pekerjaan selesai, sehingga proses bisnisnya menjadi tidak sehat karena alur uang di dalam perusahaan menjadi tidak lancar, apalagi kondisi covid-19 membuat omzet yang diterima Khomsah Kholifah menurun. Kondisi tersebut juga disebabkan karena perusahaan belum dapat menerapkan penjualan dan marketing perusahaan secara online sehingga produk Khomsah Kholifah yang diproduksi secara minimpun sulit terjual. Tata kelola perusahaan yang kurang baik membuat Khomsah Kholifah kesulitan mengembangkan usahanya. Berdasarkan hasil pengamatan dengan pemilik Khomsah Kholifah, Bapak Joko terhadap kondisi perusahaan khususnya sejak masa Covid-19 sampai dengan sekarang, maka diperoleh beberapa kendala yang akan diselesaikan selama pelaksanaan P2M yaitu masalah penjualan dari perusahaan menggunakan marketing digital. Hal ini karena kondisi saat ini di mana semua perusahaan dituntut untuk bertransformasi ke digital. Berdasarkan kondisi dan fenomena tersebut, P2M ini berfokus pada peningkatan kinerja penjualan Khomsah Kholifah dengan menggunakan marketing digital. Diharapkan program ini dapat membantu Khomsah Kholifah untuk meningkatkan daya saing usahanya tidak hanya di tingkat lokal, nasional dan daerah, tetapi juga daya saing secara global.

Detail Abdimas

Program Studi: KOMPUTERISASI AKUNTANSI - D3
Outcome:A. Publikasi Artikel Ilmiah B. Video Kegiatan P2M C. HKI (Hak Cipta) D. Peningkatan Keberdayaan Mitra E. Keterampilan pelaku usahanya meningkat F. Luaran Tambahan 1) Pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) (Bukti NIB Terlampir) 2) Hibah service laptop senilai Rp500.000 (Berita Acara Penyerahan Terlampir) 3) Publikasi Artikel Ilmiah Seminar Nasional G. Website Khomsah Kholifah H. Marketplace Lazada Khomsah Kholifah
Tahun:2022
Tanggal Pelaksanaan:2022-05-20 - 2022-09-12
Jenis Abdimas:Kegiatan Non Insidental (1-6 bulan)
Kategori Kegiatan:Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan, dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat/ industri. Tiap program