Implementasi E-Media Warung Elektronik UMKM Dalam Pengembangan Proses Bisnis Di Kabupaten Bandung


Peneliti

Dr. Yeffry Handoko Putra, S.T, M.T Assoc. Prof. Dr. Deden Abdul Wahab Sya'roni, Ir.,M.Si Assoc. Prof. Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra.,M.Si. Dr. Wendi Zarman, M.Si Assoc. Prof. Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA.

Deskripsi

Program Pengabdian pada Masyarakat ini menggunakan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021. Beragam kendala klasik yang ada seperti Kualitas produk yang relatif kurang kompetitif dan kontinyuitas yag kurang terjaga, aspek manajerial yang lemah terkait fungsi organisasi dalam hal pengetahuan operasional, pemasaran, pengetahuan keuangan, dan rendahnya produkitivitas sehingga daya saingnya rendah Menjadikan usaha dan pelaku usahanya merupakan sisi kelemahan. Belum lagi produk yang telah dibuat terkendala juga di bidang pemasarannya. Hal ini juga diperparah dengan kondisi persaingan anatar pelaku bisnis UMKM yang semakin ketat dengan banyaknya muncul inovasi baru yang didukung oleh teknologi, serta semakin terdesaknya UMKM oleh usaha besar yang secara agresif memasuki wilayah usaha yang sepantasnya diperuntukkan bagi UMKM. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah, kalangan Perguruan Tinggi telah banyak mengupayakan untuk membantu memecahkan beragam kendala yang dihadapinya. Namun demikian sepertinya masih belum menyentuh proses bisnis UMKM secara nyata dan implementatif. Dalam realitasnya, kendala kendala yang ada tersebut masih melingkupinya. Dari sisi kompetensi sumber daya para pelaku usaha, kendala finansial, pemasaran yang belum optimal, kebijakan yang kurang mendukung, lokasi penjualan yang terbatas, terlebih infrastruktur Teknologi Informasi saat ini yang ada. Demikian pula mengingat kondisi saat ini pula, tidak sedikit produk yang dihasilkan para pelaku di usaha kecil menengah tersebut memiliki kesulitan untuk dapat dipasarkan dengan baik dan sesuai dengan harapan. . E-media warung elektronik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan proses bisnis terutama dari sisi pemasaran (marketing) yang sistemnya

Detail Abdimas

Program Studi: MAGISTER SISTEM INFORMASI - S2
Outcome:1) Pelatihan kepada Para pelaku UMKM untuk memahami pemanfaatan informasi dan teknologi dalam mempromosikan produknya, khususnya menggunakan E- Media Warung Elektronik (22/12/2021) 2) E-media warung elektronik telah memperoleh Hak Cipta pada tahun 2015 dan telah dipublikasikan di seminar ETAR pada tahun 2015 3) MoU Kerjasama antara UNIKOM dengan DPC LPM Sukajadi 4) Pendampingan kepada Pelaku UMKM di kabupaten Bandung dalam meningkatkan brand awareness khususnya di masa pandemic covid-19 (21/12/2021) 5) Sosialisasi kepada mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan PkM (18/12/2021) 6) Mengusung program satu kabupaten satu market place yang dikelola secara mandiri
Tahun:2021
Tanggal Pelaksanaan:2021-12-12 - 2022-01-04
Jenis Abdimas:Kegiatan Insidental (Kurang dari 1 bulan)
Kategori Kegiatan:Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan, dan penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat/ industri. Tiap program