Pengembangan Media Promosi Hotel Penataran Kediri


Peneliti

Dr. Retno Purwani Sari, S.S., M.Hum. Tatan Tawami, S.S., M.Hum.

Deskripsi

Pertumbuhan ekonomi digital memaksa pelaku usaha berinovasi. Inovasi tersebut tidak hanya meliputi produk usaha melainkan juga cara produk tersebut dipasarkan. Fakta ini mendorong dilakukannya upaya-upaya konkrit meremajakan media promosi. Platform media promosi hotel, misalnya, menyediakan informasi-informasi yang dikemas apik dalam bentuk digital content writing yang dilengkapi gambar dan video. Sebagai strategi pemasaran, video khususnya dibuat dengan memperhatikan faktor-faktor keterbacaan pesan dan durasi waktu tepat bagi calon pelanggan tetap fokus pada video pemasaran. Hotel Penataran Kediri memahami video pemasaran sebagai salah satu potensi memperbesar peluang pencapaian target tingkat hunian (occupancy rate). Video pemasaran dirancang dengan mempertimbangkan target pasar, kompetitor hotel selain fasilitas spesifik yang dimiliki hotel. Menyoroti isu desain video, kompetensi bahasa dan kompetensi digital menjadi modal utama guna mencapai tujuan media promosi yang dibangun. Menjawab kebutuhan terhadap dua kompetensi utama dalam perancangan media promosi video, tim dosen-mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Komputer Indonesia, tergerak melaksanakan kegiatan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), khususnya dalam hal mendampingi Hotel Penataran membangun media pemasaran digitalnya. Konsep dasar pembuatan video difokuskan pada kekuatan fasilitas yang dimiliki hotel dan misi pelayanan hotel. Desain video 3D dipilih berdasarkan keunikan desain dan potensi yang dimiliki video untuk menyampaikan pesan. Adapun voice over diberikan untuk menambah daya tarik, memberi kekuatan peluang target pasar yang dituju mengingat voice over yang diberikan menggunakan bahasa Inggris. Pengembangan video sebagai media promosi dilakukan melalui tahap-tahap perancangan Luther-Sutopo, metode Siklus Pengembangan Multimedia (Multimedia Development Life Cycle, MDLC) diimplementasikan. Video 3D dan website dihasilkan sebagai luaran kegiatan P2M berbentuk pendampingan. Kata kunci: media pemasaran digital, video, voice over

Detail Abdimas

Program Studi: SASTRA INGGRIS - S1
Outcome:(1) Mitra memiliki media audio visual promosi representatif berupa video company profile; (2) Mitra memperoleh bantuan untuk mengembangkan media ekonomi digitalnya.
Tahun:2021
Tanggal Pelaksanaan:2021-08-16 - 2021-10-16
Jenis Abdimas:Kegiatan Non Insidental (1-6 bulan)
Kategori Kegiatan:Memberi latihan/ penyuluhan/ penataran/ ceramah pada masyarakat. Terjadwal/ terprogram