Pengembangan Tampilan Video Company Profile Emaki Al Masoem Tadabbur Alam


Peneliti

Dr. Retno Purwani Sari, S.S., M.Hum.

Deskripsi

Kemajuan teknologi saat ini berdampak pada cara pembisnis menjalankan bisnisnya. Pemanfaatan media digital salah satunya difungsikan untuk memasarkan produk dan/atau jasa pada komunitas virtual. Perubahan tren perilaku bisnis tersebut mendorong upaya penciptaan media pemasaran digital yang mampu merepresentasikan dan memiliki potensi penguasaan pasar. Video profil perusahaan, misalnya, dirancang dengan tampilan yang memenuhi elemen dasar pembangun hubugan emosional pelanggan dan merek (customer engagement). Video profil perusahaan (company profile), khususnya, didesain secara apik untuk dapat diekploitasi ketika perusahaan tengah berusaha meyakinkan bahwa produk dan/atau jasa yang ditawarkan memenuhi kebutuhan pelanggan yang ditargetkan. Dalam bisnis ekowisata religi misalnya, media kekinian tersebut disinyalir diperlukan agar dapat bersaing dengan cara memaksimalkan kekuatan dan potensi wisata alam yang dipadukan dengan nilai dan perspektif agama. Emaki Al Maso’em Tadabur Alam menyoroti tren ini sebagai tantangan besar untuk mendapatkan peluang bisnis. Didukung sarana, prasarana serta visi-misi-tujuan yang dimilikinya, Emaki Al Maso’em Tadabur Alam terbuka untuk melakukan perubahan sistem pemasaran yang selama ini dimilikinya dengan cara mengkolaborasikan media promosi konvensional dan media promosi digital. Bekerja sama dengan Perguruan Tinggi, Emaki Al Ma’som Tadabbur Alam berupaya meningkatkan reputasi dan branding. Secara eksplisit, program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) dari tim dosen-mahasiswa Program Studi Sastra Inggris UNIKOM dibuat untuk menjembatani, mendampingi, dan memfasilitasi Emaki Al Ma’som Tadabbur Alam pada program pengembangan dan penciptaan video company profile. Desain video company profile Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam diproyeksikan untuk digunakan sebagai media promosi ruang lingkup usaha serta karakteristik dasar yang menjadi keunggulan. Perancangan media diorientasikan kepada ciri khas yang menjadi kekuatan dan peluang bisnisnya. Fokus rekayasa video adalah pengembangan tampilan video (video representation). Metode Siklus Pengembangan Multimedia (Multimedia Development Life Cycle, MDLC) ancangan Luther-Sutopo diaplikasikan dalam perancangan video company profile dimana pemilihan genre media pemasaran didasarkan pada target pasar, tren dan analisis customer engagement dari Emaki Al Ma’soem Tadabur Alam. Luaran kegiatan P2M adalah video company profile Emaki Al Ma’soem Tadabbur Alam yang dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran digital pada kanal YouTube dan media sosial Instagram. Kata kunci: company profile, media pemasaran digital, video reprentation.

Detail Abdimas

Program Studi: SASTRA INGGRIS - S1
Outcome:(1) Mitra memiliki media audio visual pemasaran berupa video company profile dengan tampilan video representatif; (2) Mitra memperoleh pendampingan dalam pengembangan media ekonomi digitalnya
Tahun:2022
Tanggal Pelaksanaan:2022-03-01 - 2022-08-31
Jenis Abdimas:Kegiatan Non Insidental (1-6 bulan)
Kategori Kegiatan:Memberi latihan/ penyuluhan/ penataran/ ceramah pada masyarakat. Terjadwal/ terprogram