STRATEGI PENJUALAN DI MARKETPLACE SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN SEPATU KULIT PADA 10 UMKM DI CIBADUYUT BANDUNG


Peneliti

Assoc. Prof. Dr Ely Suhayati, S.E., M.Si., Ak. CA

Deskripsi

Adanya PPKM akibat Covid-19 membuat UMKM paling terdampak karena kehilangan daya beli, disebabkan masyarakat takut tertular Virus tersebut sehingga tidak dapat berbelanja secara langsung, supaya dapat bertahan maka UMKM harus mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan penjualan melalui marketplace sehingga masyarakat dapat belanja secara online, UMKM yang memanfaatkan teknologi dalam usahanya, terbukti lebih kuat dalam menghadapi guncangan eksternal. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah bagaimana UMKM dapat mengaplikasikan cara mendesign, mengupload serta membuat promo di marketplace shopee sebagai suatu strategi penjualan produknya. Metode yang digunakan secara kualitatif menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan penyampaian materi menggunakan aplikasi zoom meeting. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat adalah dilakukannya pelatihan bagaimana cara mendesign iklan, kemudian menguploadnya dan membuat promo secara virtual selain menggunakan aplikasi zoom meeting juga memberikan File Vidio berupa E-Cource Marketplace Shoope, serta memberikan konsultasi via Whatsapp tanpa batas waktu jika terjadi kesulitan pada saat mengimplementasikannya untuk 10 UMKM Sepatu Cibaduyut. Simpulan 10 UMKM Sepatu Kulit Cibaduyut setelah melakukan pelatihan secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting mampu mendesign toko di marketplace shopee dan mengupload foto produk serta membuat promo agar menarik lebih banyak pembeli untuk mengenalkan Brand Local Artinya 10 UMKM Sepatu Cibaduyut mampu mengaplikasikan cara beriklan di shopee untuk menjual lebih banyak produk sehingga dapat meningkatkan penjualan, melalui strategi berjualan di marketplace.

Detail Abdimas

Program Studi: AKUNTANSI - S1
Outcome:Artikel di Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Tahun:2021
Tanggal Pelaksanaan:2021-12-02 - 2021-09-15
Jenis Abdimas:Kegiatan Non Insidental (1-6 bulan)
Kategori Kegiatan:Memberi latihan/ penyuluhan/ penataran/ ceramah pada masyarakat. Terjadwal/ terprogram