KAJIAN CITRA VISUAL GAYA BERKENDARA KENDARAAN RODA DUA DALAM IKLAN TELEVISI SEPEDA MOTOR


Peneliti

Ivan Kurniawan, S.Sn, M.Ds. Irma Rochmawati, S.Ds.

Deskripsi/Abstrak

Penelitian merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis isi dan teori citra. Iklan televisi sepeda motor Yamaha tahun 2016 akan dipilah berdasarkan kategorisasi produk unggulan, yakni Yamaha Nmax, MX King 150, MT-25, dan R25. Selanjutnya iklan-iklan tersebut akan dipotong dalam beberapa adegan untuk kemudian mengkajinya melalui pendekatan analisis isi dan teori citra. Setelah teridentifikasi, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan pada persepsi yang terbentuk di masyarakat. Adapun responden yang akan dilibatkan sebagai subjek penelitian adalah masyarakat umum dengan rentang usia 18 hingga 30 tahun. Penelitian menyimpulkan bahwa Yamaha memberikan citra produk berupa ‘agresif' dan ‘cepat' yang dihadirkan dalam bentuk visual pada iklan televisi sepeda motor unggulan Yamaha tahun 2016. Adapun gaya berkendara yang ditangkap oleh masyarakat berupa gaya berkendara yang agresif dan arogan.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun

Data Publikasi Tidak Tersedia

Detail Penelitian

Program Studi: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL - S1
Tingkat:Nasional
Jenis Litabmas:Penelitian Dasar
Skim Litabmas:-
Kategori Bidang Litabmas:Social Sciences
Bidang Litabmas:Information, Computing, and Communication Sciences
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:Information and Communication Services
Tujuan Sosial Ekonomi:Information, Computer and Communication Technologies
Kelompok Bidang:-
Tahun Usulan:2016
Tahun Pelaksanaan:2016
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2016
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:-