Apresiasi Sastra Dalam Mata Kuliah Kesusastraan Jepang Sebagai Upaya Pengembangan Aspek Kognitif, Emotif, dan Evaluatif Pada Mahasiswa


Peneliti

Fenny Febrianty, S.S., M.Pd.

Deskripsi/Abstrak

Penelitian ini selain bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan apresiasi sastra dalam mata kuliah Kesusastraan Jepang sehingga benar-benar dapat memberikan pengaruh terhadap pengembangan aspek kognitif, emotif, dan evaluatif pada mahasiswa. Selain itu juga diharapkan agar kegiatan apresiasi sastra dapat dijadikan model pembelajaran yang juga dapat mengasah dan meningkatkan tidak hanya aspek kognitif, namun juga aspek emotif, maupun evaluatif mahasiswa dalam mata kuliah lainnya. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kegiatan apreasiasi sastra pada mata kuliah Kesusastraan Jepang I, untuk mengetahui permasalahan yang muncul dalam kegiatan apreasiasi sastra, untuk mencari solusi dari permasalahn yang muncul, untuk mengetahui respon mahasiswa dalam kegiatan apreasiasi sastra dalam mata kuliah Kesusastraan Jepang I, serta untuk mengetahui pengaruh kegiatan apresiasi sastra terhadap pengembangan aspek kognitif, emotif, dan evaluatif mahasiswa. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau action research yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru (pengajar) di kelas sesuai dengan bidang yang diampunya, mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan hasilnya, kemudian disusul dengan refleksi guna meningkatkan kualitas PBM, dalam hal ini kualitas kegiatan apresiasi sastra melalui apresiasi prosa dalam mata kuliah Kesusastraan Jepang I sehingga benar-benar mampu mengembangan aspek kognitif, emotif, dan evaluatif pada mahasiswa. Penelitian akan dilakukan melalui tahapan mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian, menganalisis dan merumuskan masalah, merencanakan tindakan untuk perbaikan, pelaksanaan Siklus I (rancangan tindakan, pelaksanaan, observasi, refleksi), pelaksanaan Siklus II (rancangan tindakan II, pelaksanaan dan observasi II, refleksi II, penyebaran angket, menganalisis seluruh data temuan di lapangan, melaporkan hasil penelitian, dan mempublikasikan hasil penelitian.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun

Data Publikasi Tidak Tersedia

Detail Penelitian

Program Studi: SASTRA JEPANG - S1
Tingkat:Lokal/Regional
Jenis Litabmas:Pengembangan Eksperimental
Skim Litabmas:-
Kategori Bidang Litabmas:Humanities
Bidang Litabmas:Other Humanities
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:Education and Training
Tujuan Sosial Ekonomi:Teaching
Kelompok Bidang:-
Tahun Usulan:2016
Tahun Pelaksanaan:2016
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2016
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:-