Bahasa Rupa dalam animasi Jepang "One Piece"


Peneliti

Pitri Haryanti, S.Pd., M.Pd.

Deskripsi/Abstrak

Dalam penelitian ini akan diteliti mengenai gambar rupa dalam animasi Jepang “One Piece”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui frame-frame gambar rupa yang muncul dalam animasi Jepang “One Piece” dan bagaimana bahasa rupa tersebut ditampilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bahasa rupa dalam animasi Jepang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif dengan data berupa data berupa gambar yang diambil dari beberapa frame dari animasi “One Piece” untuk dianalisis bahasa rupa yang ada pada frame/gambar tersebut. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa kebanyakan cara wimba pada anime one piece ada yang diperkecil dan yang diperbesar itu menandakan hal penting. Posisi jagoan utama biasanya ada ditengah, juga posisi ada yang dari kiri dan kanan atau dari kiri ke kanan. Cara kejadian dalam anime one piece disusun sehingga penonton tidak merasakan bosan. Hal ini karena wimba dapat saling mengisi ruang dan waktu pada bingkai anime dengan waktu yang singkat. Setiap kali adegan muncul, diikuti pula dengan munculnya hal-hal yang baru dan mungkin saja baru saat itu juga kita dapat menangkapnya secara kasat mata.

Publikasi

JudulJenisMediaTahun

Data Publikasi Tidak Tersedia

Detail Penelitian

Program Studi: SASTRA JEPANG - S1
Tingkat:Lokal/Regional
Jenis Litabmas:-
Skim Litabmas:-
Kategori Bidang Litabmas:-
Bidang Litabmas:-
Kategori Tujuan Sosial Ekonomi:-
Tujuan Sosial Ekonomi:-
Kelompok Bidang:-
Tahun Usulan:2017
Tahun Pelaksanaan:2017
Tahun Pelaksanaan Ke-:1
Tahun Kegiatan:2017
Lama Kegiatan (dalam tahun):1
Lokasi Kegiatan:-