Profil Dosen
Dr. Yusrila Y Kerlooza, S.Si, M.T
Luaran Lain
Klik pada judul untuk melihat detail data
No. | Judul | Deskripsi | Jenis Luaran | Tahun |
---|---|---|---|---|
1 | Sistem administrasi dan informasi Koperasi Produsen Kopi Mandalagiri | Sistem adminstrasi dan informasi yang dapat membantu mengelola pencatatan transaksi di koperasi tersebut, yang berlokasi di Desa Cikandang, Kecamatan CIkajang, Kabupaten Garut | Teknologi Tepat Guna (TTG) | 2024 |
2 | Perancangan Prototype Robot Pemotong Pelepah Pohon Kelapa Sawit | Penelitian merancang dan membangun purwarupa Robot Pemotong Pelapah Pohon Kelapa Sawit bekerjasama dengan PT Astra Agro Lestari | Prototype | 2021 |
3 | SISTEM MONITORING CHICKEN SOUL | Sistem pemantauan kondisi lingkungan dan kandang di peternakan ayam pedaging yang meliputi suhu udara, kelembapan udara, kadar NH3, berat ayam dan jumlah ayam mati per hari. Nilai-parameter yang dipantau akan diolah dan dikirim ke cloud untuk ditampilkan di aplikasi perangkat genggam "Chicken Soul". | Prototype | 2020 |
4 | Sistem Kendali Kecepatan dan Arah Robot Pruning | Perancangan, pembangunan dan implementasi sistem kendali elektronik jarak jauh untuk mengendalikan arah dan kecepatan robot pruning yang digunakan di perkebunan kelapa sawit milik PT. Astra Agro Lestari | Prototype | 2020 |
5 | Sistem Kendali Lifting Table Hidrolik untuk Robot Pruning Perkebunan Kelapa Sawit | Perancangan, pembangunan dan implementasi sistem kendali elektronik jarak jauh untuk mengendalikan perangkat lifting table yang digerakkan secra hidrolik pada robot pruning di perkebunan kelapa sawit milik PT. Astra Agro Lestari | Prototype | 2020 |
6 | Sistem Kendali Pemotong Pelepah Sawit secara Pneumatik dan Elektrik untuk Robot Pruning Perkebunan Kelapa Sawit | Perancangan, Pembangunan dan implementasi sistem kendali jarak jauh untuk mengendalikan alat pemotong secara peumatik dan elektrik yang digunakan pada robot pruning di perkebunan kelapa sawit miliki PT. Astra Agro Lestari | Prototype | 2020 |
7 | Sistem Kendali Mesin Diesel Secara Elektronik untuk Robot Pruning Perkebunan Kelapa Sawit | Perancangan, Pembangunan dan implementasi sistem kendali elektronik jarak jauh untuk mengendalikan putaran mesin diesel pada robot pruning di perkebunan kelapa sawit. | Prototype | 2020 |
8 | PERANGKAT INTERNET OF THINGS (IOT) CHICKEN SOUL | Suatu bentuk kereta yang memiliki tungkai yang bisa ditarik dengan posisi tungkai yang bisa menyesuaikan tinggi tangan manusia dan kereta bisa dibelokkan ke kanan dan kiri dengan sudut putar yang kecil. Kereta bisa diletakkan timbangan elektronik dan wadah untuk menimbang ayam. Pada kereta ditanam sistem digital yang bisa membaca dan menyimpan data berat ayam dari timbangan digital yang digunakan. Kereta juga dilengkapi sensor suhu, kelembaban dan sensor gas amoniak (NH3) untuk bisa membaca kondisi suhu, kelembaban dan besar gas amonia yang secara sistem dibuat dapat menyimpan data bersamaan pada saat melakukan input data berat ayam. | Prototype | 2020 |
9 | Buku Tanah Airku | Tanah Airku adalah media pembelajaran dan hiburan interaktif dan lengkap untuk membantu siswa sekolah dasar (kelas 1-3) belajar tentang budaya secara mengasyikkan dan efektif. Tanah Airku memiliki berbagai macam konten kebudayaan baik dari Indonesia dan belahan dunia lainnya, konten Tanah Airku disajikan dalam berbagai bentuk seperti : Objek 3D dengan teknologi AR, Kartu Do Re Mi yang bisa memainkan suara instrumen dan musik dengan interaktif, Buku Mewarnai yang dilengkapi AR, Trivia Quiz untuk mengevaluasi proses pembelajaran, dan VR Tour yang dapat membuat pembelajaran makin imersif. Buku Tanah Airku berisi konten tentang kebudayaan yang terdiri dari pakaian adat, alat musik tradisional, makanan tradisional, rumah adat, bangunan bersejarah dari beberapa daerah, yaitu Aceh, Bandung, Bali, Samarinda, Makasar. Pada setiap jenis kebudayaan, terdapat sebuah marker yang berisi objek tersembunyi yang dapat ditampilkan melalui aplikasi Tanah Airku. | Prototype | 2020 |
10 | Software Tanah Airku | Tanah Airku adalah media pembelajaran dan hiburan interaktif dan lengkap untuk membantu siswa sekolah dasar (kelas 1-3) belajar tentang budaya secara mengasyikkan dan efektif. Tanah Airku memiliki berbagai macam konten kebudayaan baik dari Indonesia dan belahan dunia lainnya, konten Tanah Airku disajikan dalam berbagai bentuk seperti : Objek 3D dengan teknologi AR, Kartu Do Re Mi yang bisa memainkan suara instrumen dan musik dengan interaktif, Buku Mewarnai yang dilengkapi AR, Trivia Quiz untuk mengevaluasi proses pembelajaran, dan VR Tour yang dapat membuat pembelajaran makin imersif. Aplikasi Tanah Airku digunakan untuk menampilkan dan memainkan setiap objek tersembunyi yang ada pada buku dan kartu Tanah Airku dengan cara memindai setiap marker yang terdapat pada buku dan kartu Tanah Airku. Dengan menggunakan fitur Augmented Reality terdapat 4 fitur yaitu 3D Object, Special card and DoReMi card, Trivia Quiz, dan Coloring. | Prototype | 2020 |
11 | Kartu Musik Tanah Airku | Tanah Airku adalah media pembelajaran dan hiburan interaktif dan lengkap untuk membantu siswa sekolah dasar (kelas 1-3) belajar tentang budaya secara mengasyikkan dan efektif. Tanah Airku memiliki berbagai macam konten kebudayaan baik dari Indonesia dan belahan dunia lainnya, konten Tanah Airku disajikan dalam berbagai bentuk seperti : Objek 3D dengan teknologi AR, Kartu Do Re Mi yang bisa memainkan suara instrumen dan musik dengan interaktif, Buku Mewarnai yang dilengkapi AR, Trivia Quiz untuk mengevaluasi proses pembelajaran, dan VR Tour yang dapat membuat pembelajaran makin imersif. Kartu Tanah Airku merupakan kartu yang terdiri atas kartu nada dasar dari alat musik tradisional dan lagu-lagu daerah yang diaransemen ulang menggunakan alat musik dari negara asal lagu daerah tersebut. Setiap kartu memiliki marker, apabila marker pada kartu dipindai oleh aplikasi Tanah Airku, maka aplikasi akan memainkan nada dari sebuah alat musik atau lagu daerah dari marker tersebut. | Prototype | 2020 |
12 | Buku Mewarnai Tanah Airku | Tanah Airku adalah media pembelajaran dan hiburan interaktif dan lengkap untuk membantu siswa sekolah dasar (kelas 1-3) belajar tentang budaya secara mengasyikkan dan efektif. Tanah Airku memiliki berbagai macam konten kebudayaan baik dari Indonesia dan belahan dunia lainnya, konten Tanah Airku disajikan dalam berbagai bentuk seperti : Objek 3D dengan teknologi AR, Kartu Do Re Mi yang bisa memainkan suara instrumen dan musik dengan interaktif, Buku Mewarnai yang dilengkapi AR, Trivia Quiz untuk mengevaluasi proses pembelajaran, dan VR Tour yang dapat membuat pembelajaran makin imersif. Buku Tanah Airku berisi konten tentang kebudayaan yang terdiri dari pakaian adat, alat musik tradisional, makanan tradisional, rumah adat, bangunan bersejarah dari beberapa negara, yaitu Aceh, Bandung, Bali, Samarinda, Makasar. Pada setiap jenis kebudayaan, terdapat sebuah marker yang berisi objek tersembunyi yang dapat ditampilkan melalui aplikasi Tanah Airku. Untuk melengkapi proses pembelajaran dalam mengenal budaya dengan lebih menyenangkan dalam proses pembelajaran tersebut, tanah airku juga memiliki halaman gambar yang dapat digambar dan dipindai. setelah diwarnai markernya lalu dipindai menggunakan smartphone maka objek yang dipindai akan memiliki warna sesuai dengan apa yang diwarnai pada marker. | Prototype | 2020 |
13 | Software VR Tanah Airku | Aplikasi Tanah Airku dapat digunakan untuk menjalankan fitur Virtual Reality sebagai sarana pembelajaran kebudayaan dengan teknologi Virtual Reality. Fitur Virtual Reality terbagi menjadi 2 yaitu fitur Tour dan Trivia. Dengan fitur Tour, menggunakan gear VR kita dapat tour ke negara negara yang terdapat pada konten tanah airku, dengan VR kita dapat melihat lingkungan sejauh 360 derajat sekaligus mendengarkan lagu daerah pada negara tersebut sehingga kita dapat lebih merasakan atmosfir dari kebudayaan pada suatu negara. Fitur Trivia untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan, pada produk ini memiliki trivia Quiz yang memberikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan dari konten yang terdapat pada produk ini. | Prototype | 2020 |
14 | Mobile Sensors Unit Untuk Monitoring Penggemukan Ayam | Suatu bentuk kereta yang memiliki tungkai yang bisa ditarik dengan posisi tungkai yang bisa menyesuaikan tinggi tangan manusia dan kereta bisa dibelokkan ke kanan dan kiri dengan sudut putar yang kecil. Kereta bisa diletakkan timbangan | Prototype | 2020 |
15 | Penggunaan robot Nakula sebagai robot pertunjukan (Acara DriM 2019 di Bali) | Robot Nakula merupakan robot semi humanoid yang dibuat oleh Universitas Komputer Indonesia sebagai Robot Ikon UNIKOM, Robot ini digunakan untuk kegiatan dan acara UNIKOM seperti acara Penerimaan Mahasiswa Baru, Wisuda dan penyambutan Tamu UNIKOM. | Prototype | 2019 |
16 | Penggunaan robot Sadewa sebagai robot pertunjukan (Acara DriM 2019 di Bali) | Robot Sadewa merupakan robot semi humanoid yang dibuat oleh Universitas Komputer Indonesia sebagai alat promosi. Pada tahun 2019 atas permintaan dan kerjasama dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan dimanfaatkan sebagai alat promosi pada acara Digital & Risk Management in Insurance (DRiM) 2019 di Bali. | Prototype | 2019 |